Kapal bermuatan barang dengan 14 penumpang tenggelam di perairan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah

PUSDATIN_PB - Kapal bermuatan barang dengan 14 penumpang tenggelam di perairan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah sekitar pukul 12.00 Wita Selasa, 21 Januari 2020. Sebelum tenggelam, kapal tersebut dilaporkan mengalami kerusakan mesin akibat hantaman gelombang tinggi yang diakibatkan oleh cuaca buruk.
Kapal yang juga memuat 8 orang kru dan 6 penumpang tersebut sebelumnya pukul 5.00 WITA, Selasa pagi berlayar dari Pelabuhan Lede, Maluku Utara menuju Pelabuhan Luwuk, Sulawesi Tengah.
Lokasi tenggelamnya KM Risfin Pratama Sakti pada koordinat °42'11.9"S - 123°35'9.10" di perairan Banggai Laut, berjarak T96 Nm dari Pelabuhan Luwuk dengan heding 134.
Pencarian terhadap Kapal Motor (KM) Risfin Pratama Sakti dan para penumpangnya hingga Selasa sore masih terus dilakukan oleh personil gabungan dari SAR, unit TRC BPBD Banggai Laut, TNI, Polair, dan Dinas Perhubungan setempat. Dengan memakan waktu kurang lebih 1 jam korban dari tenggelamnya KM Risfin Pratama Sakti ditemukan dengan kondisi selamat. Selanjutnya 14 korban tersebut dibawa ke Ibukota Kabupaten Banggai Laut.